Segudang Khasiat dari Madu (page 1)

Lebah dan produk pelebahan saat ini yang telah diketahui mempunyai nilai untuk pengobatan ada berbagai macam, seperti madu, pollen, royal jelly, propolis, bisa lebah, lilin lebah, madu sarang, dll. Semua produk tersebut memiliki manfaat tersendiri dan kini mulai banyak digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit.

Honeycomb with honey spoon and leaf isolated on white background (freepik)

Salah satu produk lebah yang sangat popoler hingga saat ini yaitu madu. Madu terkenal di dunia kesehatan karena banyak mengandung khasiat. Jauh sebelum dunia kedokteran berkembang pesat, madu sudah dipercayai banyak orang sebagai unsur yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit secara alami.

(honey by freepik)

Madu adalah zat manis alami yang dihasilkan oleh lebah madu dari sari bunga tanaman atau bagian lain dari tanaman. Madu merupakan produk yang unik dari hewan, yang mengandung persentase karbohidrat yang tinggi, praktis, tidak ada protein maupun lemak. Nilai gizi dari madu sangat tergantung dari kandungan gula-gula sederhana, fruktosa, glukosa dan sukrosa. Warnanya kuning pucat sampai coklat kekuningan, rasa dan harumnya madu sangat dipengaruhi oleh jenis nektar yang dikumpulkan dari bunga (Sarwono, 2001).

Sumber :

Penulis : Bella Amalia

Sarwono. 2001. Lebah Madu. Jakarta: Agro Media Pustaka.

Tinggalkan Balasan

Close Menu